Tentang Sejarah Awal Mula Internet

Ditulis Oleh Unknown : Friday, December 7, 2012 | No Comments


Tentang Sejarah Awal Mula Internet
Internet memiliki sejarah yang sangat panjang dalam masa perkembanganya yang merupakan jaringan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan dengan jarak yang sangat jauh dalam jangkau antar daerah, kota, pulau, negara hingga bahkan antar benua sekalipun. Internet pertama kali dikembangkan pada tahun 1966 oleh departemen pertahanan amerika serikat yang bernama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency). Pada awalnya ARPAnet dibangun untuk menghindari pemusatan informasi disatu titik yang dianggap rawan akan hancur apabila terjadi peperangan. Sehingga cara ini diharapkan mampu melindungi jaringan yang terputus akibat konflik peperangan, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke jaringan lain yang dianggap aman.

Pada awal tahun 1980-an ARPAnet terbagi menjadi dua jaringan yaitu ARPAnet dan Milnet (Jaringan Khusus Militer), akan tetapi kedua jaringan tersebut masih mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap bisa dilakukan. Pada awalnya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet dan akhirnya kini orang mengenal dengan sebutan Internet. Setelah itu internet mulai digunakan untuk kepentingan akademis yang menghubungkan beberapa perguruan tinggi masing-masing UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute. Langkah ini selanjutnya disusul dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet yang memungkinkan jaringan internet bisa diakses melalui kompter pribadi.

Awal mulanya internet hanya menawarkan layanan bebasis teks saja meliputi remote access, email/messaging, maupun diskusi melalui Mailing List dengan layanan yang disebut Gopher atau yang sekarang kita kenal sebagai WWW (World Wide Web). Hingga pada tahun 1990 layanan WWW mulai dikembangkan oleh CERN (Sebuah Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. Tentu saja web browser yang pertama ini masih sangat sederhana, tidak secanggih browser modern yang sobat kenal seperti saat sekarang ini.

Sejarah awal mula internet Indonesia diawali pada tahun 1990-an yang pada saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai Paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Artikel diatas saya kumpulkan dari beberapa sumber yang saya dapatkan dan yang telah saya rangkum untuk dijadikan bahan bacaan bagi para sobat pembaca blog ini dan mudah-mudahan saja bisa bermanfaat.

KOTAK AMAL KOMENTAR :

Ayo Sumbangkan Komentar Sobat Disini

Silahkan berkomentar di blog dofollow ini, tapi no spam dan satu lagi bahasanya juga yang sopan ya sobat, agar menarik saat dibaca pengunjung lain Sehingga mereka juga akan mengunjungi blog yang sobat kelola. Jadi jangan buang kesempatan ini untuk menambah jumlah backlink situs yang sedang sobat kelola.

Salam Blogger Indonesia...