Apa Itu E-currency?

Ditulis Oleh Unknown : Wednesday, December 12, 2012 | No Comments


Apa Itu E-currency?

Bagi sebagian orang yang telah lama bergelut dengan dunia usaha bisnis online di internet mungkin kalimat e-currency seperti ini bukanlah hal yang aneh, tetapi bagaimana bagi seorang pemula? Tentunya akan bingung dan tidak tahu apa itu e-currency?

E-currency itu merupakan mata uang digital yang hanya bisa dibelanjakan secara online untuk membeli sebuah produk atau jasa tertentu di internet. Dalam arti lain juga bisa dikatakan bahwa e-currency adalah mata uang dunia maya, karena memang e-currency ini tidak berbentuk tetapi hanya memiliki nilai saja yang nantinya jumlah nilai dari e-currency tersebut bisa kita tukarkan kepada perusahaan maupun perorangan yang menyediakan jasa penukaran mata uang e-currency dengan mata uang rupiah yang berlaku di indonesia. Sehingga setelah menukarkan jumlah nilai e-currency yang kita miliki tadi akan berubah menjadi mata uang rupiah nyata yang tentunya bisa kita gunakan untuk segala macam kebutuhan di dunia nyata/offline.

Proses penukaran e-currency dengan mata uang rupiah akan coba saya jelaskan dibawah ini :

Pada tahap ini saya contohkan semisalnya saja saya sudah mendapatkan penghasilan dari usaha bisnis online senilai $1500 (masih bernilai e-currency/mata uang digital) yang telah saya kumpulkan dari beberapa jenis usaha bisnis online yang saya ikuti. Lalu saya berencana menukarkan e-currency/mata uang digital tersebut dengan mata uang rupiah agar bisa dinikmati.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu saya mencari sebuah perusahaan atau perorangan yang menawarkan jasa layanan penukaran e-currency tentunya yang benar-benar bisa dipercaya. Untuk ini sobat bisa mencarinya di google atau search engine yang biasa sobat gunakan saat mencari sesuatu di internet dan menentukan perusahaan penukaran e-currency mana yang menurut sobat sesuai dengan keinginan sobat. Sebelum sobat memutuskan untuk menukarkan e-currency yang sobat miliki, ada baiknya sobat pelajari terlebih dahulu perusahaan tersebut dengan membaca artikel-artikel baik itu tulisan blog atau website dan perhatikan komentar-komentar/ tanggapan yang ada tentang perusahaan penukaran e-currency pilihan sobat tadi. Untuk cara ini sobat juga bisa mencarinya di mesin pencarian/search engine, karena telah banyak para sobat-sobat kita yang lain bercerita dan memberikan tanggapan-tanggapan tentang perusahaan penukaran e-currency terbaik yang ada. Saya juga berharap perusahaan yang sobat pilih merupakan perusahaan e-currency yang memang sering digunakan oleh para pebisnis online senior dan benar-benar merupakan perusahaan penyedia layanan jual-beli/penukaran e-currency bukan abal-abalan. Sehingga dengan demikian akan jauh lebih menghindarkan sobat untuk menjadi korban penipuan yang mungkin saja bisa terjadi.

Dalam contoh kasus ini misalnya saja saya telah menemukan salah satu perusahaan penukaran e-currency yang saya percayai. Setelah saya yakin dengan perusahaan penukaran e-currency tadi, maka langkah selanjutnya yang harus saya lakukan adalah menayakan kepada admin situs peusahaan tersebut dan menyatakan bahwa saya berencana menjual e-currency senilai $1500. Setelah itu sang admin menjelaskan kepada saya bahwa nilai tukar yang berlaku saat ini diperusahaan mereka yaitu Rp.9.500 Untuk Harga Jual - Rp.9.800 Untuk Harga Beli, dan saya diminta untuk mengisi formulir penjualan bila berniat ingin menjual e-currency dengan harga jual Rp.9.500/dollarnya sehingga akan segera diproses. saya pun melakukan perintah seperti yang telah diperintahkan oleh sang admin tadi dengan mengisi data-data yang diperlukan seperti nomer rekening bank lokal yang saya miliki untuk kebutuhan transfer yang akan mereka kirimkan kepada saya nantinya. Setelah selesai melakukan proses pengisian formulir penjualan, maka saya segera mentransfer e-currency milik saya tadi ke akun e-currency milik perusahaan penukaran e-currency tersebut. Setelah saya memastikan proses transfer e-currency yang saya lakukan telah benar-benar berhasil dan diterima oleh perusahaan penukaran e-curreny tadi, maka langkah selanjutnya saya mengirimkan konfirmasi kepada admin perusahaan tersebut dengan format pesan konfirmasi sesuai dengan kebijakan yang berlaku di perusahaan tersebut. 

Contoh format konfirmasi salah satu perusahaan penukaran / jaul-beli e-currency :
Sudah Transfer Jual $1500 LR dari Uxxxxxx(ID Liberty Saya) ke Uxxxxxx(LR Milik Perusahaan) Kode : 123ABCD (kode ini biasanya didapatkan pada saat sobat selesai melakukan pengisian formulir penjualan tadi.)
Format pesan bisa saja berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.
Proses konfirmasi bisa dilakukan dengan cara mengirimkan sms karena biasanya perusahaan mereka juga menyediakan no.hp untuk konfirmasi transaksi atau juga bisa dilakukan dengan cara langsung chat dengan mereka dengan mengirimkan format konfirmasi yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku diperusahaan tersebut.

Setelah melakukan semua proses seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi dan menunggu beberapa menit, akhirnya admin perusahaan penukaran e-currency tadi membalas konfirmasi yang telah saya kirimkan dengan isi pesan balasan bahwa proses transaksi telah selesai dan mereka telah mengirimkan uang sesuai dengan jumlah nilai tukar e-currency yang saya miliki tadi untuk ditukarkan dengan nilai mata uang rupiah kerekening bank lokal milik saya. Saya pun bergegas menuju ATM terdekat untuk memeriksanya, Alhamdulillah dan benar saja uang yang ada direkening bank lokal saya pun sudah bertambah sesuai dengan jumlah nilai yang telah dijanjikan oleh perusahaan penukaran e-currency tadi yaitu senilai Rp.9.500 x $1500=Rp.14.250.000.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa dijadikan bahan bacaan yang bermanfaat sehingga dapat memperkaya pengetahuan sobat tetang E-currency, sehingga untuk waktu kedepanya sobat akan menjadi lebih paham dengan pertanyaan apa itu e-currency? dan Apa fungsi E-currency?

Terima kasih sobat telah membaca artikel ini hingga akhir...

KOTAK AMAL KOMENTAR :

Ayo Sumbangkan Komentar Sobat Disini

Silahkan berkomentar di blog dofollow ini, tapi no spam dan satu lagi bahasanya juga yang sopan ya sobat, agar menarik saat dibaca pengunjung lain Sehingga mereka juga akan mengunjungi blog yang sobat kelola. Jadi jangan buang kesempatan ini untuk menambah jumlah backlink situs yang sedang sobat kelola.

Salam Blogger Indonesia...