Usaha Meningkatkan SEO Blog

Ditulis Oleh Unknown : Saturday, May 8, 2010 | No Comments



Usaha Meningkatkan SEO Blog

SEO - Search Engine Optimization adalah elemen yang sangat dibutuhkan oleh sebuah situs blog, sebab SEO merupakan sebagai penunjang akan keberhasilan sebuah situs blog, semakin baik teknik SEO yang dilakukan maka semakin baik pula kualitas sebuah situs blog untuk menjaring kunjungan ke halaman situs blog tersebut. Seiring terus berkembangnya teknologi yang terjadi seperti saat sekarang ini menyebabkan telah banyak sekali teknik-teknik SEO baru bermunculan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada dilapangan. Dimana teknik-teknik SEO tersebut muncul berkat improvisasi para blogger demi menunjang kebutuhan SEO terhadap situs blog miliknya.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tahukan beberapa teknik SEO yang bisa sobat lakukan demi menunjang kebutuhan SEO situs blog sobat, usaha meningkatkan SEO blog sehingga terlihat lebih berkualitas baik dimata para pembaca blog maupun mesin pencarian (Search Engine). Dibawah ini merupakan beberapa cara yang bisa sobat lakukan demi meningkatkan kualitas SEO blog milik sobat.

Update Artikel Setiap Hari
Menulis merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan seorang blogger, sebab dengan menulis secara rutin akan meningkatkan kualitas situs blog sobat dimata mesin pencarian. Tulislah artikel minimal 2 kali dalam seminggu, maka dengan demikian situs blog milik sobat akan dianggap sebuah situs blog yang hidup dan terawat. Mulailah menulis artikel sesuai dengan minat yang sobat sukai, dengan begitu materi tulisan akan menjadi lebih bisa diterima oleh para pembaca blog sobat, akan tetapi lebih baik lagi kalau artikel yang sobat tuliskan merupakan informasi yang memang benar-benar sangat dicari oleh para pengguna internet.

Submit Artikel ke Sosial Bookmark
Alat promosi yang sangat ampuh adalah dengan submit artikel situs blog kita ke berbagai sosial bookmark. Saat ini telah banyak sekali sosial bookmark yang tersedia di internet, misalnya Lintas me, Infogue.com, Antarblog.com dan masih banyak lagi yang lainya. Saran saya untuk para blogger pemula, submitlah artikel / konten blog sobat ke berbagai sosial bookmark gratis yang bisa sobat temukan sendiri di internet, jika sobat beruntung dan masuk dalam jajaran 10 Top Hits, maka sobat akan cepat kebanjiran banyak pengunjung.

Pasang Artikel Terkait di Blog / website
Salah satu cara jitu ini juga sangat banyak digunakan bagi kalangan webmaster maupun blogger proffesional SEO sekalipun. Mengapa ini juga tergolong trik yang bisa membuat pengunjung mebeludak, karena cara ini pun cara yang sangat friendly sebab akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung untuk dengan cepat menemukan berita-berita atau konten-konten situs blog sobat yang lain.

Buatlah Navigari Situs yang Baik dan Terarah
Berikanlah sebuah kenyamanan bagi para pengunjung blog dengan menyediakan layanan navigasi yang baik. Navigasi ini juga sebagai langkah ampuh untuk membuat situs sobat dibanjiri para pengunjung. Pembuatan menu misalnya adalah salah satu pemegang peran penting karena dengan menyediakan menu-menu pada situs blog adalah sebuah gambaran kecil tentang sitemap situs blog sobat.

Pasang Arsip Blog
Jika sobat malas untuk memasang artikel yang berkaitan, hal yang mungkin bisa sobat lakukan yaitu dengan memasang blog arsip, ini merupakan pilihan yang wajib untuk di lakukan. banyak blog-blog bermuatan besar seperti terselubung yang menjadikan blog arsip nya sebagai ladang pageview dan ini memang terbukti ampuh.

Pasang Judul Artikel Penting di Sidebar
Manfaatkanlah fasilitas sidebar sobat untuk memberi kemudahan bagi para pengunjung, sebuah situs adalah untuk menemukan artikel yang sangat bermanfaat, navigasikan sidebar sobat dengan blogroll atau link artikel andalan, jangan lupa untuk menuliskan judul yang menarik dan tampilan elegan ini akan sangat membantu jumlah pageview sobat dimasa yang akan datang.

Buatlah Blog Menjadi Secepat Mungkin
Hal ini bisa kalian lakukan dengan cara menghapus beberapa widget yang dirasa kurang terlalu penting namun justru ini akan memberatkan sebuah speed situs blog sobat untuk di buka oleh web browser para pengunjung. Semakin lama halaman situs sobat terbuka maka secara otomatis akan melangsingkan jumlah visitor kalian. Mengapa demikian? Karena bila pengunjung blog sobat merupakan tipe orang yang tidak memiliki kesabaran, bersiaplah untuk ditinggalkan oleh calon pengunjung situs blog sobat tersebut.

Gunakan Jejaring Sosial
Manfaatkan jejaring-jejaring sosial yang tersedia seperti Facebook dan Twitter, dll. Hal ini bisa kalian lakukan dengan berpromosi konten-konten yang menarik dan tentunya yang sedang hot news atau yang paling banyak dicari oleh orang-orang. Sehingga dengan begitu akan mendatangkan kunjungan bagi situs blog milik sobat

Lakukan Backlink
Cara promosi yang sangat familiar sekali untuk kalangan blogger adalah dengan memberikan backlink. Saling bertukar link (Link Exchange) adalah hal yang perlu dilakukan. Sebagai kiat cemerlang untuk berpromosi, ini juga bisa sebagai cara untuk ajang kekerabatan antar sesama blogger. Meskipun ada beberapa sumber mengatakan bahwa cara ini sudah tidak efektif lagi untuk meningkatkan SEO blog, tetapi menurut saya hal ini masih perlu dilakukan untuk menambah keakraban antar sesama blogger untuk saling berbagi satu sama lain.

Daftarkan Blog ke Mesin Pencari
Ini merupakan hal yang paling penting dan harus dilakukan para blogger yang ingin situs blog miliknya terindeks oleh mesin pencarian, Terbukti hingga sampai saat sekarang ini mesin pencarian merupakan sumber utama kedatangan para pengunjung sebuah situs blog. Daftarkan blog sobat diberbagai mesin pencarian terbesar yang memang paling sering digunakan oleh para pengguna internet diantaranya yaitu google, yahoo, bing, dll.

Demikian sedikit yang bisa saya berikan kali ini tentang usaha meningkatkan seo blog sehingga akan meningkatkan kunjungan kesitus blog milik sobat. Sebenarnya usaha meningkatkan SEO blog ini bisa sobat lakukan sesuai dengan kemampuan yang sobat miliki dengan kreatifitas masing-masing.

KOTAK AMAL KOMENTAR :

Ayo Sumbangkan Komentar Sobat Disini

Silahkan berkomentar di blog dofollow ini, tapi no spam dan satu lagi bahasanya juga yang sopan ya sobat, agar menarik saat dibaca pengunjung lain Sehingga mereka juga akan mengunjungi blog yang sobat kelola. Jadi jangan buang kesempatan ini untuk menambah jumlah backlink situs yang sedang sobat kelola.

Salam Blogger Indonesia...